Main Article Content

Abstract

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang berfungsi memperlambat dan menghentikan laju putaran poros. Sehingga peneliti ingin mengetahui sifat mekanik dari material bahan kampas rem menggunakan bahan organik yang ramah lingkungan dengan variasi komposisi yang berbeda. Komposisi bahan kampas rem yang digunakan pada penelitian ini bermatrik resin epoxy dengan penguat serat sabut kelapa dan serbuk arang tempurung kelapa dengan variasi arah serat acak dan arah serat vertikal. Pembuatan kampas rem ini diperoleh dengan cara pencampuran semua bahan dan dicetak menggunakan alat pres hidrolik dengan diberi tekanan antara 200-350 psi selama 60 menit. Penelitian ini menggunakan metode ogoshi bertujuan untuk mengetahui nilai laju keausan.


Data yang diperoleh dari pengujian keausan kempas rem dengan variasi arah serat acak dengan komposisi berat serat sabut kelapa 2 gram, berat arang tempurung kelapa 22 gram, berat resin epoxy 25 gram dan  berat hardener 25 gram sehingga harga laju keausan rata-rata sebesar 3,83 ´ 10-7  mm2/kg. Kampas rem dengan variasi arah serat vertikal dengan komposisi berat serat sabut kelapa 3 gram, berat arang tempurung kelapa 20 gram, berat resin epoxy 25 gram dan berat hardener 25 gram sehingga harga laju keausan rata-rata sebesar 4,83 ´ 10-7 mm2/kg.


Maka, kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin berkurangnya komposisi serat sabut kelapa dalam pembentuk spesimen komposit kampas rem menyebabkan nilai keausan kampas rem semakin tinggi atau tidak tahan aus. Hasil nilai keausan yang didapatkan setelah perhitungan pada spesimen komposit yang telah diuji tidak memenuhi syarat standar nasional indonesia (SNI) sebesar 5 ´ 10-4 - 4 ´ 10-3mm2/kg dalam pengujian kampas rem komposit.

Keywords

Limbah Organik Alat Pres Hidrolik Keausan Metode Ogosi

Article Details