Main Article Content

Abstract

Kampas rem merpakan komponen yang mempunyai fungsi memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Saat ini kendaraan bermotor pada umumnya memiliki kecepatan yang sangat tinggi seiring dengan kemajuan teknologi pada kendaraan bermotor. Perkrmbangan teknologiĀ  material telah menghasilkan jenis material baru yaitu komposit yang merupakan campuran antara 2 bahan atau lebih dirancang untuk mencapai kombinasiĀ  sifat terbaik material. Pada penelitian ini yaitu membuat kampas rem dngan menggunakan bahan komposit yaitu pasir besi, resin, dan juga serat bambu dengan menggunakan variasi volume material. Kemudian di uji keausan untuk mendapatkan kesesuaian sebagai kampas rem yang layak. Hasil pengujian menghasilkan yaitu pada spesimen A & B dengan nilai aus yang sama yaitu 3,06735 x 10-7 mm2/kg dengan variasi 10% serat, 10% pasir dan 80% resin untuk spesimen A dan spesimen B dengan variasi 10% pasir, 25% serat dan 65% resin. Sedangkan nilai keausan yang paling besar adalah pada spesimen E dengan nilai aus 5,0881 x 10-7 mm2/kg. Dengan variasi 25% pasir, 25% serat dan 50% resin.

Keywords

Kampas Rem Pasir Besi Serat Bambu Resin Komposit Keausan

Article Details