Main Article Content

Abstract

Begitu sering dan pentingnya sistem ini dioperasikan digunakan secara terus menerus sehingga menyebabkan kerja dari sistem ini sangat lah berat sehingga sering terjadi kerusakan – kerusakan yang membutuhkan penanganan khusus. Masalah yang sering terjadi adalah adanya getaran pada nose wheel pesawat ketika take off maupun landing. Apabila terjadi getaran pada nose wheel landing gear dalam kecepatan yang sangat tinggi menyebabkan nose wheel tidak dapat bergerak lurus di center line sehingga berbahaya karena directional stability – nya menjadi terganggu. Penelitian ini bersifat deskripsi yaitu penjelasan menggunakan kalimat dan bahasa yang jelas. Penelitian deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak untuk membuat kesimpulan yang luas. Metode pengumpulan data ini diperoleh dengan cara observasi langsung pada nose wheel landing gear. Penelitian ini juga di dapat dari sumber – sumber lain seperti web, aircraft maintenance manual, fault insolation manual, dan wawancara. Kerusakan nose wheel steering ini terjadi karena lepasnya balancing tire pada nose wheel landing gear, dan karena adanya kebocoran oil pada shock strut sehingga dengan diketahuinya penyebab masalah tersebut sesuai dengan prosedur dalam Fault Insolaion Manual maka penanggulangan masalah tersebut adalah dengan melakukan pemasangan part balancing tire yang baru dan part seal shock strut yang baru.

Keywords

Nose wheel steering, balancing tire, kebocoran oil

Article Details