Main Article Content

Abstract

Dalam perkembangannya, UAV disebut-sebut sebagi masa depan dunia dirgantara, dengan begitu banyak perusahaan berlomba-lomba mengembangkan model UAV yang sudah ada untuk digunakan baik untuk komersial, maupun bukan. Salah satunya UAV buatan LAPAN yang digunakan untuk misi surveillance. Winglet yang digunakan untuk mengurangi drag dan vortex yang terjadi diharapkan dapat mampu membantu UAV LSU-02 NGLD untuk menguragi drag yang terjadi. Dengan bantuan software XFLR5, akan terlihat perubahan drag yang terjadi di wingtip sayap setelah maupun sebelum ditambahkan winglet beserta sudut tekuknya. Penelitian ini akan memperlihatkan hasil perbandingan CL dengan sudut serang, CD dengan sudut serang dan rasio efisiensi aerodinamika yang terjadi antara wing tanpa wingle, dan dengan winglet beserta sudut tekuknya. Winglet canted digunakan dalam penelitian in dengan variasi 30°, 45°, 70°, dan 90° dengan kecepatan cruise rata-rata pesawat, yakni 25 m/s. Pada penelitian ini didapat hasil bahwa penambahan winglet dapat mengurangi vortex, berkurangnya CD setelah penambahan winglet, maka nilai efisiensi aerodinamika meningkat 0,14% setelah penambahan winglet.

Keywords

LSU-02 NGLD Winglet Koefisien Gaya Angkat Koefisien Gaya Hambat Rasio Lift/Drag Vortex

Article Details