Main Article Content

Abstract

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah pesawat terbang tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri. UAV diharapkan mampu menghasilkan performa aerodinamika sayap yang baik, yaitu membuat gaya angkat yang besar dan mengurangi gaya hambat. Ketika udara melewati sebuah pesawat terbang maka pada bagian ujung wing akan menghasilkan vortex. Vortex dapat membuat kerugian pada pesawat terbang yaitu membuat performa aerodinamika sayap menjadi berkurang dan menambah gaya hambat. Untuk menambah performa pada pesawat terbang digunakan winglet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan wingtips vortex pada UAV fixed wing tenaga surya dengan variasi sweep angle 30º, 45º, 60º dan variasi cant angle 15º, 30º, 45º, 60º, 75º, 90º. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software XFLR5. Sweep angle dan cant angle disimulasikan dengan sudut serang -10º sampai 20º. Hasil penelitian menunjukkan bahwa winglet yang menggunakan cant angle 15º dan sweep angle 60º menghasilkan CL/CD sebesar 161,816 dan coefficient lift 0,2563 yang tidak terlalu rendah serta menghasilkan coefficient drag sekitar 0,00163 yang tidak terlalu besar.

Keywords

UAV Fixed Wing Winglet Coefficient Lift Coefficient Drag

Article Details