Main Article Content

Abstract

Kendali putaran motor DC dapat dilakukan dengan menggunakan perintah suara melalui voice recognition. Perintah suara dapat mengakibatkan motor DC berputar ke kanan kekiri atau juga berhenti. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan desain dan implementasi sistem kendali putaran motor DC dengan menggunakan voice recognition dan internet of things (IoT) sehingga putaran motor DC dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan perintah suara.


Sistem dirancang menggunakan perangkat keras berupa voice recognition berbasis IoT yaitu Echo Dot dan Google Assistant, NodeMCU+ESP8266, driver motor DC, dan Motor DC. Sedangkan perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan adalah Arduino IDE dan Aplikasi Adafruit.io dan IFTTT. Perintah suara yang diterima oleh perangkat voice recognition akan diteruskan ke IFTTT yang terhubung dengan aplikasi Adafruit.io. Data dari Adafruit.io yang merupakan aplikasi IoT akan terhubung dengan hardware NodeMCU+ESP8266 yang akan memberikan perintah pada driver motor DC untuk mengendalikan putaran Motor DC berdasarkan perintah suara yang diberikan.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain dan implementasi sistem sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kerja sistem menunjukkan bahwa perintah suara yang diberikan sudah dapat mengendalikan putaran motor DC untuk memutar motor, memutar motor ke kanan, memutar motor ke kiri, dan menghentikan motor dari jarak jauh. Hasil pengujian pada akurasi perintah suara yang diberikan telah menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 92,5% yang artinya sistem yang dibangun sudah sangat baik untuk melakukan kendali terhadap putaran motor DC.

Keywords

Internet of Things Kendali Speech Recognition Motor DC Perintah Suara

Article Details