Main Article Content

Abstract

Sistem rem adalah sistem pengereman yang terletak di roda pendarat di pesawat terbang. Rem adalah salah satu komponen paling penting dari keselamatan dan kinerja di pesawat. Penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dengan engineer dan metode eksperimental di Laboratorium Bahan, Politeknik Ceper, Klaten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi, karakteristik dan efek komposisi kimia pada karakteristik kampas rem pada pesawat Cessna Caravan Type 208B. Fungsi dari kampas rem adalah mengurangi kecepatan dan menghentikan roda pesawat. Karakteristik kampas rem sebagai berikut menghasilkan nilai kekerasan 205 VHN dan komposisi kimianya terdiri dari Fe 95,9%; Cu 0,8%; Karbon 0,33%; 0,235% Si; Mn 0,468%; Al 0,235%; Mo 0,151%; dan Cr 0,772%. Bahan kampas rem ini termasuk dalam baja karbon sedang dengan paduan kromium. Pengaruh komposisi kimia pada karakteristik kampas rem pada pesawat ini dalam kandungan karbon dengan komposisi kimia baja karbon sedang, semakin keras material dan semakin tinggi ketahanan aus, semakin lama digunakan pelapis rem.

Keywords

brake karakteristik cessna kekerasan material

Article Details