Main Article Content

Abstract

Pendekatan konstektual mengajak siswa mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan seharihari sehingga siswa akan mengalami pembelajaran bermakna. Pendekatan ini tidak hanya menekankan pada penguasaan sejumlah informasi/ konsep yang dikomunikasikan oleh guru kepada peserta didik melalui satu arah namun lebih menekankan pada kemampuan berpikir lebih tinggi, transfer pengetahuan, serta pengumpulan, penganalisaan, dan pensistesisan informasi melalui data percobaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen, berpikir kritis, kreativitas, dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X kelompok peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) MAN Kediri I Kabupaten Kediri yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil secara cluser random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu X MIA 3 yang pembelajarannya dengan metode eksperimen dan X MIA 4 yang pembelajarannya dengan demonstrasi diskusi. Data dikumpulkan dengan tes untuk prestasi pengetahuan, kemampuan berpikir kritis dan kreativitas, lembar observasi untuk prestasi sikap dan keterampilan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakaan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan; (2) ada pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan; (3) tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan; (4) ada interaksi antara metode pembelajaran yang ditinjau dengan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan; (5) ada interaksi antara metode pembelajaran yang ditinjau dengan kemampuan kreativitas terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap; (6) ada interaksi antara kreativitas dengan kemampuan berpikir kritis trehadap prestasi belajar aspek sikap; (7) ada interaksi antara pembelajaran metode demonstrasi diskusi dan eksperimen dengan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspeksikap dan keterampilan.

Keywords

Metode Eksperimen Metode Demosntrasi Diskusi Berpikir Krtis Kreativitas

Article Details