Main Article Content

Abstract

Penelitian ini fokus pada analisis airfoil dengan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan Ansys Student 2024. Model penelitian ini meniru model aliran dalam terowongan angin untuk menentukan parameter-parameter dari sebuah airfoil pada beberapa macam sudut serang, dan menggunakan situs Airfoiltools.com untuk memperoleh data geometri airfoil yang diperlukan. CFD mampu menangani efek seperti kompresibilitas, viskositas, turbulensi, dan pertukaran panas tapi dalam penelitian ini dibatasi pada aliran yang non kompresibel tapi mengandung viskositas.


Proses pembuatan batas interior/airfoil melibatkan pemindahan data dari airfoiltools.com kedalam Spaceclaim, sebuah modul dari Ansys Student 2024. Distribusi mata jaring (mesh) ditentukan menggunakan strategi ukuran berjenjang, yaitu ukuran dasar semua domain, diperkecil lagi dengan menggunakan sphere of influence rangkap dua, dan diperhalus lagi dengan Inflasi mesh pada permukaan airfoil.


Penelitian ini membahas hasil analisa  CFD menggunakan Ansys Student 2024 dan perbandingannya dengan data lain serta interpretasinya terhadap aliran dalam dunia nyata.

Keywords

Airfoil Computational Fluid Dynamics

Article Details