Main Article Content

Abstract

Menyadari peran penting konsumen dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap keuntungan,perusahaan berupaya mencari cara yang dapat meningkatkan kepuasan konsumennya. Tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa dimensi pada pelayanannya.Hal ini disadari pula oleh PT Garuda Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasakebandarudaraan. PT Garuda Indonesia perlu mengoptimalkan bentuk pelayanan yang diberikan olehmanajemen bandara, baik berupa fasilitas, prosedur maupun perilaku para petugas.Hal ini perludilakukan karena selain angkutan udara masih ada angkutan darat dan angkutan laut yang setiap saatdapat mengambil alih peranan diantara model transportasi.Pada masa sekarang di setiap maskapai penerbangan tidak semua penumpang dewasa ataupun anak-anak yang melakukan penerbangan, namun bayi pun sudah sering terlihat di dalam suatu penerbangan dan cara penanganan penumpang bayi pun berbeda dengan penumpang dewasa atau anak-anak. Oleh karena itu pelayanan yang diberikan oleh Maskapai Garuda Indonesia merupakanpelayanan yang khusus terhadap penanganan penumpang infant, serta memberikan fasilitas-fasilitasyang memadai dan agar keperluan bayi pada saat melakukan penerbangan bisa terpenuhi. Dalam penelitian ini, kuesioner yang digunakan adalahkuesioner tertutup yaitu modelpertanyaan dimana pertanyaan tersebut telah disediakan jawabannya, sehingga responden hanya memilih dari alternatif jawaban yang sesuai denganpendapat atau pilihannya.Sampel yang diambil dalampenelitian ini adalah sebanyak 100 responden.Pemilihan anggota sampel dilakukan terhadap orang tua atau pembawa bayi dan kuesionerdalam penelitian ini diberikan pada penumpang yang berada di ruang tunggu yang akan melakukanpenerbangan melalui Bandara Udara Soekarno-Hatta Jakarta ke Bandar Udara Changi Singapure. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan perhitungan SPSS seri16.0 yang sudah dilengkapi metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis 1 diterima, semua variabel (babymeal, fasilitas bayi, proses check-in dan pelayanan in-flight) berpengaruh terhadap kepuasanpenumpang pembawa infant/bayi. Dari hasil uji-t diketahui bahwa variabel baby meal berpengaruhterhadap kepuasan penumpang pembawa infant/bayi, hal ini dilihat dari sig.t sebesar 0,000.Berdasarkan hasil pengolahan dengan program SPSS maka didapat hasil uji-F, yaitu: nilaisignifikan F (0,000)< 0,05, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa semua variablepelayananpenernbangan(terdiri dari: fasilitas baby meal, fasilitas bayi, proses check-in danpelayanan in-flight)berpengaruh terhadap kepuasan penumpang pembawa infant dapat diterima.

Keywords

fasilitas pelayanan udara kepuasan penumpang pembawa infant Garuda Indonesia

Article Details