Main Article Content

Abstract

Kualitas produk dan kualitas pelayanan adalah beberapa aspek yang sangat penting karena konsumen menginginkan produk dan pelayanan yang sesuai dengan yang mereka harapkan. Penelitian ini untuk mengetahui bagaiman pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengguna jasa maskapai Lion Air di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui penyebaran kusioner. Banyaknya sampel yang diteliti adalah 100 responden yang merupakan pelanggan maskapai Lion Air di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persamaan regresi linier berganda untuk pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengguna jasa adalah H1 diterima dimana kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pengguna jasa dengan nilai t hitung 3,888 > nilai t tabel 1.9896 dan dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Sedangkan H2 diterima dimana kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pengguna jasa dengan nilai t hitung 3,555 > nilai t tabel 1.9896, dan dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Dengan nilai signifikan lebih kecil atau dibawah 0,05. Serta H3 diterima yaitu terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengguna jasa maskapai Lion Air di Yogyakarta dengan f hitung sebesar 49,249 dan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, adapun untuk mengetahui berapa besar pengaruh dapat dilihat pada nilai adjustet R Square sebesar 0.737, yang artinya kualitas produk dan kualitas pelayanan kontribusi 0,737 atau 73,7% terhadap variabel keputusan pengguna jasa dan sisanya sebesar 26,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Keywords

kualitas produk kualitas pelayanan keputusan pengguna

Article Details