Main Article Content

Abstract

Seiring banyaknya orang yang menggunakan jasa perusahaan transportasi, khususnya transportasi udara, banyak perusahaan penerbangan berlomba untuk memperbaiki kinerjanya, seperti memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa. Pelayanan sangat penting diberikan untuk memberikan kesan positif kepada pelanggan. Pelayanan yang baik tentu akan berdampak kepada kepuasan pelanggan. Mengingat banyaknya jumlah penerbangan yang dilakukan, tentu ada saja bagasi yang mungkin hilang, tertinggal, tertukar atau terjadi kerusakan, maka dari itu dibutuhkan unit yang bertugas menangani permasalahan bagasi. Unit yang khusus menangani permasalahan bagasi itu, yakni Unit Lost and Found, dengan demikian menjadi menarik untuk diteliti lebih lanjut bagi penulis mengenai Unit Lost and Found, karena bagian Unit Lost and Found merupakan salah satu bagian terpenting dalam penangganan bagasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi yaitu salah satu teknik statistik yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih yang sifatnya kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis koefisien korelasi menunjukkan nilai r = 0,5721, yang mempunyai arti bahwa variabel penanganan bagasi rusak dan variabel tingkat kepuasan penumpang mempunyai hubungan cukup kuat sehingga menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada hubungan antara variabel penanganan bsgasi rusak yang diberikan oleh staf Unit Lost and Found dengan variabel tingkat kepuasan penumpang Garuda Indonesia rute CGK-JOG di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Hasil ini juga menunjukkan bahwa semakin baik staf unit lost and found dalam menangani bagasi rusak maka semakin besar tingkat kepuasan terhadap penumpang, begitu juga sebaliknya. Hasil penyebaran kuesioner terhadap 100 responden mengenai penanganan bagasi rusak dengan tingkat kepuasan Penumpang Maskapai Garuda Indonesia rute CGK-JOG di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menunjukkan bahwa mayoritas responden terdiri dari laki-laki sebesar (63 orang), berumur antara ≥ 45 Tahun berjumlah (33 orang), dan mempunyai pekerjaan Pegawai Negri sebanyak (45 orang).

Keywords

penanganan bagasi rusak tingkat kepuasan pelanggan koefisien korelasi

Article Details