Main Article Content

Abstract

Pada hari libur adalah waktu yang tepatuntuk melakukan suatu perjalanan mengunjungi sanak saudara atau hanya untuk sekedar berlibur bertamasya keluar kota atau daerah. Bebagai kenyamanan fasilitas yang diberikan oleh maskapai Citilink Garuda Indonesia mampu menarik minat jumlah pelanggan setiap tahunnya, khususnya di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Penanganan penumpang yang memerlukan penanganan khusus dan harus diperhatikan oleh perusahaan penerbangan tersebut dikarenakan kondisi fisik mentalnnya, status ekonomi, kedudukannya, jabatannya, yang dimaksud special passenger tersebut antara lain:penumpang VIP/CIP, wanita mengandung, anak kecil yang bepergian sendiri child, infant, dan um (unaccompanied minor), orang sakit dan penumpang cacat.
Bahan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah bahan yang diperoleh dari PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil data jumlah ibu hamil dari passenger manifest maskapai Citilink Garuda Indonesia rute Bandung-Dempasar.
Penelitian ini menggunakan analisis perbandingan, yang membandingkan jumlah rata-rata penumpang ibu hamil pada hari kerja dan hari libur.
Hasil penelitian menunjukkan Nilai rat-rata jumlah penumpang ibu hamil pada hari libur sebanyak 16 orang, sedangkan pada hari kerja sebanyak 13 orang. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan jumlah penumpang ibu hamil pada hari kerja dengan hari libur periode Bulan Januari sampai dengan Maret tahun 2013. Dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan bahwa nilai to = -0,005, maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan rata-rata jumlah penumpang ibu hamil pada hari kerja dengan hari lbur pada maskapai Citilink Garuda Indonesia rute Bandung-Denpasar, di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung periode Bulan Januari sampai dengan Maret 2013.

Keywords

special passanger ibu hamil hari libur citilink

Article Details