Main Article Content

Abstract

Salah satu transportasi online yang ada di indonesia yaitu Gojek. Layanan transportasi berbasis aplikasi mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal kualitas maupun fasilitas transportasi, dengan penggunanya yang relatif mudah hanya dengan menggunakan ponsel, maka wajar apabila permintaan akan transportasi online meningkat, sehingga penyedia jasa berorientasi pada kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna gojek. Metode penelitian ini kuantitatif, Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data primer penelitian ini data diperoleh secara langsung dari konsumen melalui kuesioner tentang variabel penelitian perceived ease of use, perceived usefulness dan kualitas pelayanan pengguna Gojek di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna transportasi online Gojek di Surakarta yang jumlahnya tidak diketahui. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini ialah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini ialah perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna Gojek di Surakarta. Perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna Gojek di Surakarta. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna Gojek di Surakarta.

Keywords

Perceived Ease of Use; Perceived Usefulness; Kualitas Pelayanan

Article Details