Main Article Content

Abstract

Suatu perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif yang dapat meningkatkan kesuksesan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis, termasuk untuk melakukan ekspansi internasional. Strategi dan operasi perusahaan menjadi poin penting yang perlu diperhatikan untuk menciptakan keunggulan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa strategi dan operasi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan bertaraf internasional di pasar global dengan menggunakan studi kasus maskapai AirAsia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan dianalisa dengan metode analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa AirAsia menerapkan model bisnis, inovasi, dan efisiensi strategi yang menjadi kekuatan dari perusahaan dalam memperluas operasional bisnisnya ke berbagai negara. Hal ini membuat AirAsia mampu mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar low-cost carrier (LCC) dalam menghadapi persaingan industri penerbangan yang ketat. Keberhasilan AirAsia sebagai maskapai berbiaya rendah terbaik di dunia menjadi bukti nyata kemampuan AirAsia dalam menavigasi pasar yang kompleks dan sangat kompetitif.

Article Details