Main Article Content

Abstract

Dalam menjaga keamanan penerbangan setiap bandar udara harus memiliki suatu unit kerja yang menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa dengan menerapkan pelayanan pengamanan yang prima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan prima (service excellence) personel Aviation Security di Bandar Udara Sentani dan strategi pelayanan prima (service excellence) yang diterapkan oleh personel Aviation Security untuk menjamin kualitas kinerja personel Aviation Security di Bandar Udara Sentani – Jayapura.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan pada bulan Januari-Februari 2023 di Bandar Udara Sentani. Penelitian ini dilakukan kepada unit Aviation Security dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk Memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.


               Hasil yang didapati melalui penelitian ini yaitu mengkaji pelayanan prima yang diterapkan oleh seluruh personel Aviation Security di Bandara Sentani, dengan membahas teori konsep pelayanan prima menurut Barata (2003). berdasarkan 6 unsur “A” sebagai berikut; Kemampuan (Ability), Sikap (Attitude), Kegiatan (Activity), Penampilan (Appearance), Perhatian (Attention) dan Tanggung Jawab (Responsibility) sedangkan strategi pelayanan prima menurut Barata (2006) dimana dapat digambarkan pelayanan prima, melalui konsep s-e-r-v-i-c-e antara lain; S (Self Awareness), E (Enthusiasm), R (Reform), V (value), I (Impressive), C (Care), E (Evaluation), sehingga dapat dijelaskan bahwa strategi pelayanan keamanan penerbangan yang diterapkan personil aviation security kepada pengguna jasa bandar udara telah dilakukan sesuai aturan SOP yang berlaku di unit pengamanan bandar udara dan juga sesuai dengan teori yang digunakan penulis.

Keywords

Pelayanan Prima (Service Excellence) Aviation Security Bandar Udara Sentani

Article Details