Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan dan promosi penjualan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta yang jumlahnya 266.491. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 100 orang dengan kuesioner online (melalui google form) di link https://bit.ly/Penelitian.Kuesioner dengan cara penyebaran melalui Whatsapp.


Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh signifikan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta (0,000 < 0,05); Promosi Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA mahasiswa di Kota Yogyakarta (0,000 < 0,05). Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh signifikan Kemudahan Penggunaan dan  Promosi Penjualan secara simultan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta (0,000 < 0,05). Kuatnya hubungan antara Kemudahan Penggunaan dan Promosi Penjualan terhadap  Keputusan Penggunaan sebesar  81.9% atau sangat kuat. Nilai Adjusted R Square bahwa Kemudahan Penggunaan dan Promosi Penjualan mampu menjelaskan Keputusan Penggunaan sebesar 0,664 atau 66,4%.

Keywords

Usage Decision Ease of Use Sales Promotion

Article Details