Main Article Content

Abstract




Dekadensi moral yang terus melanda bangsa Indonesia yang ditandai dengan mulai mengendurnya ketaatan masyarakat terhadap norma norma sosial yang hidup dimasyarakat, menunjukkan pentingnya penanaman nilai-nilai ideologi melalui pendidikan Pancasila. Kerja sama anatar Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) dengan Akademi Angkatan Udara (AAU) tentang pemantapan kebangsaan dimaksudkan untuk membentuk karakter taruna sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ketarunaan STTKD yang melibatkan AAU atau pengasuh dari AAU yang berhubungan dengan pembinaan karakter dan implementasi kerja sama antara AAU dengan STTKD dalam membentuk karakter taruna sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan, kegiatan pembinaan karakter taruna-taruni STTKD yang melibatkan AAU dan pengasuh dari AAU meliputi: Kegiatan Pekan Disiplin dan Kepemimpinan (PDK) bagi taruna/i baru pada tahun 2016 dan tahun 2017, Kegiatan Kerohanian dan Peribadatan, Unit Kegiatan Taruna (UKT) drumband dan Kegiatan Keorganisasian. Implementasi kerja sama AAU dengan STTKD dalam membentuk karakter taruna sesuai dengan nila-nilai Pancasila, meliputi: sila I, yaitu pembentukan Departemen Kerohanian dan Peribadatan, dengan menyusun program kerja yang sesuai dengan pengamalam sila pertama. Sila kedua, kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, membagikan daging pada hari korban, dan membantu korban bencana alam. Sila ketiga, yaitu diselenggarakannya Upacara Bendera setiap perayaan hari besar kenegaraan, pentas seni yang menampilkan kesenian dari berbagai daerah, kuliah umum Wawasan Kebangsaan, dan dibentuknya UKT Drumband. Pengimplementasian sila ke IV dilakukan dalam pemilihan Badan Eksekutif Taruna, Senat dan Poltar, diputuskan dengan cara musyawarah untuk mufakat oleh jajaran Waka III. Implementasi dari Sila Ke lima, adalahTaruna/Taruni STTKD Ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat sekitar kampus, membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, memberikan pelatihan-pelatihan, penyuluhan yang bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, membentuk Unit Kegiatan Taruna (UKT) Pecinta Alam (Dirgapala) untuk mendidik taruna agar suka bekerja keras dan menjadi manusia yang tanggap, tanggon dan trengginas.




Keywords

Kerja sama, STTKD-AAU, Karakter Taruna

Article Details