Main Article Content

Abstract

Fasilitas merupakan bagian dari variabel pemasaran jasa yang memiliki peranan cukup penting, karena jasa yang disampaikan kepada pelanggan tidak jarang sangat memerlukan fasilitas pendukung dalam penyampaiannya. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu Fasilitas Bandara (Land Side) dan satu variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling yaitu konsumen yang berada di Bandar Udara Internasional Banyuwangi dengan jumlah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan menggunakan metode kuisioner. Dalam menganalisis data instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Dan untuk menguji hipotesis dari penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier sederhana, koefisien determinan, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji hipotesis Fasilitas Bandara (Land Side) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Bandar Udara Internasional Banyuwangi. Hasil koefisien determinan pada peneitian ini diperoleh nilai determinan sebesar 0,130 yang berarti bahwa besarnya pengaruh variabel Fasilitas Bandara (Land side) (X) terhadapa variabel kepuasan konsumen (Y) adalah 13%.

Keywords

Fasilitas Bandara (Land Side) Kepuasan Konsumen

Article Details