Main Article Content

Abstract

Salah satu unit pelayanan Bandar udara Internasional Supadio Pontianak adalah Unit Terminal Inspection Service. Unit ini bertugas untuk mengatur semua bentuk aktifitas yang ada di daerah terminal sisi darat Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak, meliputi penyediaan fasilitas penunjang dan pengecekan fasilitas pendukung bandara, serta menjaga kebersihan disekitar terminal sisi darat Bandar Udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Free Wifi dan Charging Station berpengaruh terhadap kepuasan penumpang dan berapa besar pengaruh fasilitas Free Wifi dan Charging Station terhadap kepuasan penumpang Unit Terminal Inspection Service. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang yang menggunakan fasilitas free wifi dan charging station yang mana semua calon penumpang pesawat terbang atau yang sudah merasakan fasilitas sekitar terminal di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden, penelitian ini memiliki dua variable yang terdiri dari varibel independent free wifi (X1) dan charging station (X2), sedangkan variable dependentnya adalah kepuasan penumpang (Y). Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS 15.0. Hasil Penelitian yang diperoleh dari pembahasan menggunakan analisis linier berganda adalah H1 ditolak dan H2 diterima yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan antara free wifi dan freecharging station terhadap kepuasan penumpang unit terminal inspection serviceBandar Udara Internasional Supadio Pontianak dengan nilai Fhitung sebesar 6,010. Hasil nilai uji R2 sebesar 0,204 dimana nilai ini dinyatakan termasuk dalam korelasi rendah. Hal ini membuktikan bahwa free wifi dan Free Charging Station terhadap kepuasan penumpang sebesar 20,4%.

Keywords

Free wifi Free Charging Station Kepuasan Penumpang

Article Details