Main Article Content

Abstract




Penanganan bagasi memiliki peran penting dalam menjaga kenyamanan penumpang bepergian menggunakan pesawat udara dan memproses bagasi tersebut sampai dapat diangkut bersamaan dalam satu pesawat dengan penumpangnya. Tetapi selama ini penumpang tidak tahu bagaimana proses barang bawaan yang sudah diserahkan di check-in counter sampai ke bagasi pesawat. Untuk mengatasi kapasitas penumpang dan pergerakan sebanyak itu dibutuhkan sistem penanganan bagasi yang terintegrasi dengan sistem inline screening Untuk menunjang keamanan serta keselamatan penerbangan suatu bandara, penerapan bagasi otomatis atau automated Baggage Handling System (BHS) / Hold Baggage Screening (HBS) sangat perlu digunakan untuk dapat meminimalisasi berbagai pencurian bagasi.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan desain Baggage Handling System (BHS) di New Yogyakarta International Airport (NYIA) sebagai salah satu Bandar udara yang direncanakan menggunakan konsep aerotropolis airport. Dan Untuk mengetahui bagaimana cara kerja komponen Baggage Handling System (BHS) di New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang direncanakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi autocad 2012 dan aplikasi teknik lainya yang memungkinkan untuk mudah dalam melakukan perancangan/desain.


Dari hasil penelitian, Desain pada penelitian dengan Kerangka baggage handling system (BHS) yang telah diterapkan pada Bandar udara internasional Kuala Namu di Deli Serdang sebagaimana terlihat pada gambar 5.1 Halaman 27. Dengan Cara kerja baggage handling system (BHS) yang di desain memiliki 7 tahapan dimulai dari pemanfaatan untuk pemeriksaan check in, pemeriksaan Out of Gauge (OOG) atau bagasi yang memiliki berat dan dimensi yang melibihi ukuran maksimum bagasi, Pemeriksaan X- Ray MVXR 5000 (Screening Level 1/2), Manual Coding Station (MCS), Pemeriksaan X- Ray RTT 110 (Screening Level 3/4), Pemeriksaan oleh Ahli Avsec dan Rekonsiliasi (Level 5/6), SCADA (Supervisor Control Data Acquisition).




Keywords

Baggage Handling System, Desain, New Yogyakarta International Airport

Article Details