Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid19 mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat dunia, termasuk di dunia pendidikan. Hal ini yang menyebabkan populernya proses pembelajaran online yang juga sejalan dengan prinsip-prinsip Revolusi Industri 4.0. Segala yang bersifat digital seyogyanya bukan lagi menjadi momok menakutkan bagi siswa maupun pelajar. Youtube adalah salah satu platform yang populer di semua kalangan yang dapat dimanfaatkan untuk membagikan materi pembelajaran. Konten youtube yang berisi audiovisual dirasa menarik dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana youtube channel dapat digunakan sebagai media pembelajaran online mata kuliah bahasa Inggris bagi taruna/i STTKD Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data bersifat deskriptif seperti transkripsi wawancara dan hasil observasi. Penelitian dilakukan pada bulan September – Desember 2021, yaitu pada semester gasal Tahun Ajaran 2021-2022 di STTKD Yogyakarta. Populasi dan sampelnya adalah seluruh taruna/i STTKD Yogyakarta Program Studi D3 Manajemen Transportasi semester 3 kelas Alpha, Bravo dan Charlie. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa mengunggah materi mata kuliah bahasa Inggris dalam bentuk video ke youtube channel, menurut sebagian besar taruna/i lebih menarik dibandingkan dengan hanya membagikan slides atau modul saja. Video tersebut juga memudahkan mereka dalam memahami isi materi karena dilengkapi dengan audio penjelasan dari materi tersebut yang bisa diulang-ulang sebanyak mungkin sampai materi benar-benar dapat dipahami, dan hal tersebut dapat dilakukan di luar jam perkuliahan baik online maupun offline.

Keywords

Youtube channel media pembelajaran bahasa inggris

Article Details