Main Article Content

Abstract

Strategi Kesantunan yang mana adalah salah satu teori di ranah pragmatic memberikan kita pemahaman mengenai bagimana strategi-strategi untuk bertutur secara baik dan efektif dengan lawan tutur. Teori yang ditemukan oleh Brown and Levinson (1987) ini terdiri dari 4 strategi utama. Pada penelitian ini pembahasan difokuskan pada (1) strategi kesantunan yang diterapkan oleh petugas check in counter di bandar udara Yogyakarta International Airport, dan (2) bagaimana upaya peningkatan performa pelayanan petugas check in counter di bandar udara Yogyakarta International Airport berdasarkan strategi kesantunan. Data utama dalam penelitian ini yaitu tuturan yang menerapkan strategi kesantunan yang diterapkan oleh petugas Check-in counter di YIA. Data selanjutnya diolah secara deskriptif kualitatif dan berhasil menemukan 4 strategi utama kesantunan yang digunakan oleh petugas check-in counter YIA dan 2 upaya efektif untuk meningkatkan kesantunan oleh petugas check-in di Bandar udara YIA.

Keywords

Bandar Udara YIA Strategi Kesantunan Pragmatik check-in counter

Article Details