Main Article Content

Abstract

Abstrak


Dewasa ini, perkembangan industri penerbangan maupun wisata dalam negeri sangatlah pesat. Hal tersebut sangat berpengaruh pada proses reservasi yang dapat dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh variabel brand image dan online customer review secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian melalui online travel agent Traveloka. Menggunakan metode kuantitatif dengan explanatory research dengan sampel berjumlah 79 pengguna Traveloka sekaligus mahasiswa STTKD. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner secara online menggunakan google form yang selanjutnya datanya diolah melalui SPSS versi 21. Sebagai hasil penelitian, variabel brand image dan online customer review berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian melalui online travel agent Traveloka. Traveloka diharapkan mampu mempertahankan citra yang telah diraih dengan terus meningkatkan kinerja sekaligus awareness akan kebutuhan para pelanggan. Selain itu, Traveloka sebagai penyedia jasa harus bertanggung jawab atas segala pertanyaan maupun tanggapan mengenai layanan yang ditawarkan agar tidak menimbulkan ambiguitas yang akan menimbulkan banyak review negatif.

Keywords

Brand Image Online Customer Review Keputusan Pembelian

Article Details