Main Article Content

Abstract

Transportasi udara banyak diminati oleh masyarakat karena dinilai efektif dan efisien dalam hal waktu. Oleh karena itu jadwal penerbangan semakin padat. Padatnya jadwal penerbangan sering mengakibatkan masalah keterlambatan penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penanganan katerlambatan penerbangan pada maskapan Lion Air di YIA (Yogyakarta Internasional Airport) serta kendala yang dihadapi petugas saat menangani katerlambatan penerbangan tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan mengumpulkan data, reduksi data, analisis, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pada penanganan keterlambatan penerbangan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh PERMENHUB No.89/2015, yaitu kesesuaian pemberian kompensasi sesuai dengan lama keterlambatan, koordinasi dengan berbagai unit terkait, serta memberikan informasi yang jelas atas keterlambatan penerbangan kepada penumpang. Adapun kendala yang dialami petugas dalam mengatasi keterlambatan penerbangan adalah keterlambatan pemberian kompensasi kepada penumpang karena koordinasi yang kurang dengan pihak catering, serta ketika pembagian kompensasi penumpang tidak menjalankan protokol Kesehatan dengan bersedak-desakan dengan penumpang lain saat mengambil kompensasi.

Keywords

Keterlambatan Penerbangan Lion Air

Article Details