Main Article Content

Abstract

Penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta mengalami penurunan disebabkan adanya Covid-19. Merosotnya kunjungan turis asing ke Indonesia itu terlihat juga dari data kunjungan wisatawan mancanegera yang datang melalui pintu masuk udara (bandara). Dalam upaya pemulihan dampak pandemi, salah satunya dibutuhkan peran bandar udara sebagai penggerak roda ekonomi terutama dalam menunjang pariwisata. Peran serta pengelola bandar udara tentunya akan memberikan dampak terhadap roda kegiatan ekonomi terutama dalam menunjang pariwisata di daerah sekitar bandar udara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi dan peran PT angkasa Pura I Yogyakarta International Airport dalam menunjang kegiatan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan..


Informasi pariwisata di Yogyakarta International Airport di dukung dengan adanya kerjasama antara PT Angkasa Pura I Yogyakarta dengan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dengan membuka Kantor Tourist Information Center (TIC) yang terletak di area kedatangan. Display pariwisata berikutnya adalah adanya miniatur-miniatur tempat bersejarah jogja seperi tugu Jogja, pelengkung gading, taman sari, dan juga ada lukisan-lukisan dinding yang menggambarkan kebudayaan dan destinasi wisata yang ada di Yogyakart. Peran penting Yogyakarta International Airport sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan ke Yogyakarta adalah dengan memenuhi sarana dan prasarana dalam pelayanan kepada para pengguna jasa. Adanya sarana dan prasarana yang memadai dan tentunya membuat para pengguna jasa bandar udara merasa nyaman, tentunya akan berdampak langsung ke pariwisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.       

Keywords

Peran Pariwisata

Article Details