Main Article Content

Abstract

Kondisi kesiapan operasional Skadron Udara 15 yang masih belum optimal diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor kompetensi personel pemeliharaan yang kurang.  Tingkat kinerja personel yang ada dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dan tingkat keterampilan personel sehingga dapat ditemukan upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja personel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi personel terhadap kinerja personel dalam mewujudkan kesiapan operasional di Skadron Udara 15.


Desain penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada sampel penelitian yaitu personel Skadron Udara 15 sebanyak 62 orang dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi terhadap kinerja personel di Skadron Udara 15 dengan besar pengaruh sebesar 73.6%, sedangkan sisanya sebesar 26,46% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model. Berdasarkan hasil tersebut maka untuk meningkatkan kinerja personel di Skadron Udara 15 dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kompetensi personel. Upaya meningkatkan kompetensi personel dapat dilakukan dengan melaksakan pendidikan dan pelatihan. Dengan meningkatnya kompetensi maka diharapkan dapat meningkatkan kinerja personel pemeliharaan dalam mendukung kesiapan operasional Skadron Udara 15.

Keywords

Kompetensi kinerja kesiapan operasional Skadron Udara 15

Article Details