Main Article Content

Abstract




Kinerja karyawan adalah faktor yang penting dalam menentukan kualitas dari suatu organisasi/perusahaan. Hal ini membuat organisasi/perusahaan perlu meningkatkan kinerja mereka. Hal ini pula yang dirasakan oleh PT. Wijaya Tour & Travel. Perusahaan yang bergerak di bidang Tour dan travel ini berusaha untuk selalu meningkatkan kinerjanya. Kinerja dari suatu oragnisasi/perusahaan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya gaya kepemimpinan di organisasi/perusahaan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PT. Wijaya Tour &Travel. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh dari motivasi intrinsik terhadap hubungan antara gaya kepemimpinan konsiderasi dengan kinerja karyawan PT. Wijaya Tour & Travel.


Tehnik sampel yang digunakan adalah tehnik purposive sampling dan data dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara mengirimkan kuesioner secara langsung ke kantor PT. Wijaya Tour & Travel. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT. Wijaya Tour & Travel sebanyak 60 orang karyawan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear dan Moderated Regression Analysis (MRA).


Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kedua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini semuanya didukung. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas masing-masing hipotesis sebesar 0,005 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan knsiderasi terhadap kinerja karyawan PT. Wijaya Tour & Travel. Selain itu motivasi intrinsik dapat memoderasi hubungan antara gaya kepemimpinan konsiderasi dengan kinerja karyawan di PT. Wijaya Tour & Travel. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa gaya kepemimpinan konsiderasi memegang peranan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT. Wijaya Tour & Travel. Selain itu dengan adanya motivasi intrinsik yang dimiliki oleh karyawan yang bekerja di PT. Wijaya Tour & Travel, maka seorang pemimpin akan lebih mudah untuk mengarahkan karyawannya untuk meningkatkan kinerjanya secara maksimal.




Keywords

Motivasi Intrinsik, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, Moderated Regression Analysis (MRA)

Article Details