Main Article Content

Abstract

Urgensi penelitian yakni mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT. Aerowisata (perusahaan di bidang hospitality) diukur dengan du pont system. Du pont system mendeskripsikan financial performance dengan menganalisis tiga rasio keuangan diantaranya net profit margin (NPM), total aset turn over (TATO) dan return on investment (ROI).


Desain penelitian yang diambil yaitu penelitian statistik-deskriptif. PT. Aerowisata sebagai objek peneitian ini. Aerowisata merupakan anak perusahan Garuda Indonesia, yang menggeluti bidang hospitality diantaranya Travel, Transportation, Foodservice, Hotels dan Logistics. Periode waktu dalam penelitian ini 4 (empat) tahun yaitu dari tahun 2016-2019. Data yang digunakan yakni data sekunder-laporan keuangan tahunan PT. Aerowisata, yang peneliti ambil dari website resmi PT.Aerowisata. Peneliti juga mengumpulkan data dari literatur, jurnal, buku, artikel, berita, atau sumber terpercaya lainnya seperti website resmi. Data yang di dapat akan dianalisis dengan Du Pont System. Variabel-variabel yang dipakai untuk perhitungan Du Pont System adalah Total Asset Turnover (TATO), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Investment (ROI).


Hasil penelitian dari pengukuran kinerja keuangan PT. Aerowisata dengan metode du pont system selama 4 (empat) tahun diperoleh rata-rata TATO 0,93 kali, rata-rata NPM 1,53%, dan ROI (Du Pont) 1,57%. Berdasarkan perhitungan variabel-variabel tersebut, kondisi keuangan (2016-2019) mengalami fluktuasi-menurun. Walaupun sempat mengalami kenaikan di tahun 2018. Namun, di tahun 2019 mengalami penurunan drastis, dengan perolehan NPM defisit hingga 2,01%. Hal ini disebabkan masuknya wabah covid yang masuk di tahun 2019,  mempengaruhi operasional berbagai lini bisnis PT. Aerowisata.

Keywords

Du Pont System Kinerja Keuangan Aerowisata

Article Details