Main Article Content

Abstract




Keinginan untuk mewujudkan Indonesia berdaulat di bidang teknologi merupakan isu strategik dan relevan untuk mendukung peningkatan kualitas pembangunan manusia. Tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah mendorong munculnya inovasi berbasis riset yang bermuara pada kemajuan teknologi dan budaya bangsa.


Keberadaan perguruan tinggi sebagai pusat gravitasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapannya di masyarakat menempati posisi sentral dalam memunculkan kreativitas dan inovasi. Ketersediaan sumberdaya produktif yang ada disini harus dapat menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa produsen yang mampu mencipta nilai tambah. Ketersediaan sumberdaya produktif yang didukung dengan keberpihakan dari seluruh pemangku kepentingan adalah modal dasar untuk mengembangkan iklim perubahan menuju Indonesia berdikari.


Oleh karena itu, berbagai institusi dan universitas sebagai learning organization diberbagai negara tengah berupaya mengelola perubahan yang sedang berlangsung dengan melakukan inovasi berbasis teknologi dan riset komersial, yang bertujuan melakukan inkubasi bisnis-bisnis baru, spin off, hilirisasi dan fabrikasi produk hasil riset yang difokuskan pada pengembangan industri kesehatan dan rekayasa (engineering) yang berkelanjutan.


Pengembangan kapabilitas inovatif di bidang rekayasa diharapkan menjadi pemicu bagi pertumbuhan kegiatan produktif yang mencipta nilai tambah dan memberi kemanfaatan langsung bagi masyarakat. Proses kreatif yang dibangun tidak hanya terjadi di tingkat individual para inovator saja, tetapi juga di tingkat organisasional dan bahkan di tingkat masyarakat.




Keywords

Pusat Inovasi, Teknologi, Rekayasa, Bisnis, Daya Saing

Article Details