Main Article Content

Abstract




Keselamatan penerbangan selalu menjadi hal serius selama bertahun-tahun hal ini dikarenakan resiko kematian yang di akibatkan oleh suatu kecelakaan pesawat terbang sangat tinggi jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Sebuah kecelakaan pesawat dapat terjadi karena banyak faktor, diantaranya faktor pesawat itu sendiri, faktor human error, faktor cuaca, atau bahkan tidak berfungsinya fasilitas-fasilitas bandara. Penerapan SMS pada suatu bandara tidak dapat diterapkan ke bandara lainnya karena setiap bandara adalah unik dan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Terutama dalam hal operasional seperti fasilitas dan jumlah pergerakan pesawat udara, sehingga pengembangan Safety Management System (SMS) terbentuk mengikuti karakteristik tersebut.


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan pelayanan sistem manajemen keselamatan (Safety Management System) di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, dalam upaya peningkatan keselamatan penerbangan. Dengan tahapan penelitian di mulai dari penelitian penahuluan, studi litelatur, perumusan masalah dan tujuan, pengumpulan data di lapangan, pengamatan dan implementasi, analisis hasil, kesimpulan dan rekomendasi, dan penulisan laporan penelitian.


Dari hasil penelitian menunjukan bahwa indikator kebijakan dan tujuan keselamatan telah dilaksanakan 100 %, indikator bahaya dan manajemen resiko keselamatan tidak ada variabel yang berkriteria “tidak dapatditerima pada kondisi yang ada”, sementara itu 10 variabel berada pada “pengendalian resiko/mitigasi memerlukan keputusan manajemen, dapat diterima setelah mengkaji pelaksanaan operasi”. Dan 3 variabelberada pada kondisi “Dapat diterima”, indikator jaminan keselamatan dan promosi keselamatan telah dilaksanakan sebesar 81,82 % dan 18,18 % berada pada tahan in progress, dan untuk indikator pengembangan emergency response planning (ERP) telah dilaksanakan secara 100 %.




Keywords

Keselamatan, Safety Management System, Bandar udara, Adi Soemarmo

Article Details