Main Article Content

Abstract

Bersamaan dengan perkembangan era globalisasi dalam hal teknologi informasi terus menjadi bertambah. Dimana data dapat di ketahui secara kilat, pengguna bisa mengakses data yang mereka butuhkan dengan mudah. Perkembangan pemakai internet di Indonesia sangat pesat, hal ini menjadikan pelaku bisnis yang awal mulanya melaksanakan usahanya secara tatap muka( offline) serta diperdagangkan secara langsung, saat ini mulai tumbuh secara online ataupun biasa di sebut e- commerce. Hal tersebut memnbuat customer lebih kritis dalam melakukan kegiatan pemesanan sesuatu produk lewat media informasi. Komunikasi melalui media sosial yang bisa menghimpun banyak orang, membuat internet selaku media yang digemari banyak orang. Masyarakat serta pelaku bisnis menggemari media tersebut disebabkan lebih efektif serta efisien. Dengan memberikan pengalaman melalui media sosial sehingga hendak memesatkan informasi serta promosi.


Metode yang peneliti gunakan yaitu mempergunakan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini menganalisis Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Kepercayaan (Trust) serta Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Situs Traveloka.com. Responden dalam kajian ini yaitu masyarakat yang pernah ataupun tertarik melakukan pemesanan tiket secara online. Jumlah sampel sejumlah 116 respоnden yаng dipilih mempergunakan purpоsive sаmpling serta metode untuk mengumpulkan data mempergunakan kuesioner. Analisis yang dipakai oleh peneliti mempergunakan anаlisis deskriptif serta аnаlisis jаlur (pаth аnаlysis).


Hasil analisis jalur memperlihatkan  bahwa  electronic word of mouth (X) mempunyai pengaruh yang signifikan pada kepercayaan ( Y1) serta keputusan pembelian (Y2), kepercayaan (Y1) memberi pengaruh signifikan pada keputusan pembelian (Y2). Bersumber pada hasil penelitian hendaknya pihak Traveloka memberikan informasi terkait pembelian tiket secara online serta promo menarik agar meningkatkan kepercayaan customer pada produk dari Traveloka sehingga menimbulkan electronic word of mouth antar customer. 

Keywords

Electronic Word Of Mouth(eWom) Kepercayaan(Trust) Keputusan Pembelian

Article Details