Main Article Content

Abstract

Pelayanan jasa penumpang pesawat udara adalah pelayanan jasa yang diberikan kepada setiap penumpang di terminal keberangkatan (departure) maupun di terminal kedatangan (arrival), yang diusahakan oleh penyelenggara bandar udara atau badan usaha bandar udara. Pelayanan jasa yang diberikan oleh pengeola bandar udara ini diharapkan dapat menumbuhkan minat penumpang menggunakan transportasi udara. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui pengaruh standar pelayanan pengguna jasa bandar udara secara parsial dan gabungan terhadap kepuasan penumpang domestik di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogykarta. 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh standar pelayanan pengguna jasa bandar udara terhadap kepuasan penumpang domestik di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogykarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner. Alat analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, uji T, uji F, dan determinasi.


Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa fasilitas keberangkatan dan kedatangan tidak berpengaruh terhadap kepuasan penumpang, sedangkan fasilitas kenyamanan dan nilai tambah berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. kemudian F hitung sebesar 46,414 > F tabel 2,77 (df=56-3) sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas keberangkatan dan kedatangan, fasilitas kenyamanan, dan fasilitas nilai tambah secara bersama sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel kepuasan penumpang. Koefisien determinasi memberikan nilai sebesar 71,3%. Hal ini menunjukan bahwa dari fasilitas kedatangan dan keberangkatan, fasilitas keamanan, dan fasilitas nilai tambah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kepuasan penumpang, sedangkan sisanya sebesar 28,7% merupakan variabel yang tidak masuk dalam penelitian

Keywords

fasilitas keberangkatan dan kedatangan fasilitas kenyamanan fasilitas nilai tambah kepuasan penumpang

Article Details