Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta, pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap word of mouth marketing pada STTKD Yogyakarta, pengaruh word of mouth marketing terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta dan pengaruh strategi promosi melalui social media yang dimediasi word of mouth marketing terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang kuliah di STTKD Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi, path analysis (analisis jalur), dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 9,664 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,892, terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap word of mouth marketing pada STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 5,395 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,495, terdapat pengaruh positif word of mouth marketing terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 5,821 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,540, terdapat pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan yang dimediasi word of mouth marketing pada STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari koefisisen mediasi sebesar 0,0882 bernilai positif dan memiliki siginifikansi sebesar 0,0217, lebih kecil dari 0,05.

Keywords

Promosi Social media Word of mouth marketing Keputusan

Article Details