Main Article Content

Abstract




Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga banya masyarakat Indonesia yang memilih menggunakan jasa transportasi udara. Hal ini lah yang menyebabkan maningkatnya jumlah penumpang yang datang maupun keluar masuk suatu bandar udara, terutama Bandar Udara Adisucipto. Selain meningkatnya jumlah penerbangan, jumlah maskapai serta rute penerbangan semakin meningkat. Dalam memilih maskapai penerbangan tentunya dipengaruhi oleh oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut yang mempengaruhi preferensi dalam keputusan memilih maskapai penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan domestik dalam mengambil keputusan dan freferensi wisatawan dalam memilih maskapai penerbangan di Yogyakarta.


Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli atau pihak pertama melalui observasi terhadap pengguna jasa dan wawancara terhadap penumpang. Data sekunder adalah data yang didapat secara tidak langsung, misalnya dari studi pustaka, arsip, catatan dokumen.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi dalam memilih maskapai penerbangan, wisatawan domestik dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal, eksternal, motivasi, persepsi serta pelayanan yang diberikan. Di Yogyakarta, wisatawan mancanegara memilih maskapai yang menawarkan harga murah serta maskapai yang memiliki rute penerbangan di berbagai daerah.




Keywords

Preferensi, wisatawan domestik, maskapai penerbangan

Article Details