Main Article Content

Abstract

Era revolusi industri 4.0 telah berjalan sejak beberapa dekade. Saat ini teknologi informasi telah mengambil peran sangat penting dalam mengubah perkembangan bisnis. Cara pelaku bisnis menawarkan produk dan jasanya tentu telah berkembang jauh. Tidak terkecuali industri logistik yang berkembang di Tanah Air Indonesia. Industri bisnis logistik/ ekspedisi / jasa pengiriman modern saat ini mempunyai proses manajemen bisnis yang tidak sederhana. Hal ini menjadi strategi pemasaran yang kemudian menarik minat peneliti melakukan studi terkait strategi pemasaran cargo dalam menghadapi revolusi Industri 4.0.


Studi disajikan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pertimbangan dalam mengkaji permasalahan, peneliti tidak membuktikan ataupun menolak hipotesis yang dibuat sebelum penelitian tetapi mengolah data dan menganalisis suatu masalah secara non numeric. Dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.


Hasil penelitiannya menunjukan bahwa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 PT Graha Nusa Pratama yang bekerjasama dengan Lion Parcel sudah menerapkan internet of things sehingga dapat mengetahui secara detail keberadaan dari barang yang dikirimkan. Sedangkan dibidang promosi PT Graha Nusa Pratama sudah memanfaatkan internet dalam hal promosinya, seperti melalui website resmi perusahaan, instagram ataupun media sosial yang lainnya.

Keywords

Strategi pemasaran revolusi industri 4.0 Analisis SWOT

Article Details