Main Article Content

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang telah berlangsung saat ini tidak hanya berdampak pada perekonomian saja, tetapi juga berdampak pada dunia pendidikan, karena melalui pendidikanlah suatu negara dapat menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan di revolusi industri 4.0. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menerapkan pendidikan 4.0 pada mata kuliah pengantar ekonomi di STTKDYogyakarta dan melihat keefektifannya.


Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan permasalahan yang ada yakni menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan studi pustaka.


Dari hasil dari penelitian ini didapati bahwa untuk menerapkan pendidikan 4.0 maka dosen dapat menggunakan beberapa metode pembelajaran yang mendukung ciri pendidikan 4.0., dan pada pembelajaran pengantar ekonomi ini peneliti menerapkan tiga model pembelajaran yakni blended learning, project based learning, dan flipped classroom. Dari ketiga model tersebut didapatkan hasil bahwa ketiganya efektif untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Keywords

Education 4.0 Introduction to Economics Industrial Revolution

Article Details