Main Article Content

Abstract

Salah satu cara promosi online STTKD Yogyakarta dengan menggunakan aplikasi pesan Telegram. Keterbatasan waktu staf penerimaan mahasiswa baru (PTB) membuat respon saat berinteraksi dengan calon pendaftar tidak bisa dilakukan secara cepat, dikarenakan interaksi terjadi di luar jam kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi STTKD Yogyakarta dalam melakukan promosi dan penyampaian informasi kepada calon pendaftar dengan memanfaatkan aplikasi telegram. Aplikasi telegram digunakan dalam peneltian ini karena gratis, multiplatform, dan dapat menampung hingga 10.000 pengguna dalam sebuah group.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Waterfall dengan melakukan penggalian informasi kepada staf PTB untuk melakukan analisis kebutuhan. Bahasa yang digunakan untuk merancang bot ini adalah javascript dan menggunakan layanan dari google apps script sebagai hosting.


Hasil penelitian berupa bot virtual admin yang bisa berinteraksi dengan calon pendaftar melalui aplikasi pesan Telegram. Calon pendaftar dapat memperoleh informasi penerimaan taruna baru dalam database bot telegram dengan mengakses bot tersebut menggunakan aplikasi telegram. Promosi yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan kepopuleran aplikasi telegram dengan merancang bot yang mempunyai nama dan identitas STTKD. Dengan memanfaatkan bot telegram ini maka akan meringankan pekerjaan admin dalam memjawab pertanyaan dari calon taruna-taruni STTKD.

Keywords

telegram bot telegram kecerdasan buatan promosi

Article Details