Main Article Content

Abstract




Seorang pengajar harus selalu peka akan perubahan kondisi dan kebutuhan pembelajaran guna untuk menciptakan suatu kondisi belajar yang efektif dan efisien. Melihat fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa ditengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang, salah satu persoalan klasik yang selalu dijumpai adalah masih ada kalangan mahasiswa yang menganggap bahwa belajar sebagai aktivitas yang tidak menyenangka. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sebenarnya adalah sebuah sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan desain pembelajaran Blended Learning dengan model ASSURE pada mata kuliah pengantar ekonomi makro.Setelah dikembangkan desain pembelajaran ini diterapkan dan mendapatkan hasil bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan dengan memadukan antara pembelajaran dikelas dan online learning ini mendapat tanggapan positif dari mahasiswa dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pengembangan dan penerapan desain pembelajaran berbasis Blended Learning dengan model ASSURE pada mata kuliah pengantar ekonomi makro ini sangat sesuai dengan karakteristik mahasiswa dan juga sebagai pemanfaatan kemajuan teknologi dalam pendidikan. Pengembangan dan penerapan desain pembelajaran berbasis Blended Learning dengan model ASSURE pada mata kuliah pengantar ekonomi makro dapat meningkat keaktifan belajar mahasiswa yang diamati melalui observasi. 39% mahasiswa menunjukkan tingkat keaktifan yang sangat baik, 55,5% baik, dan 5,5% cukup baik. Hasil belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 42.8%.




Keywords

Pembelajaran, Blended Learning, ASSURE

Article Details