Main Article Content

Abstract

On Time Performance (OTP) dijadikan sebagai indikator bagi pengguna jasa transportasi udara untuk menentukan maskapai penerbangan yang akan digunakan. Perusahaan maskapai penerbangan tentunya harus berusaha secara maksimal untuk mewujudkan OTP. Dengan demikian, maskapai penerbangan dinilai harus melakukan analisis faktor yang memengaruhi OTP sebagai dasar melakukan perbaikan. Selanjutnya, penelitian ini merespon kebutuhan tersebut dengan menguji pengaruh penerbangan tidak berjadwal berupa penerbangan charter terhadap OTP penerbangan berjadwal maskapai Lion Air. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data penelitian yaitu data sekunder berupa AMC sheet pada tahun 2018 dari unit AMC. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis varian yaitu Partially Least Square (PLS) dengan aplikasi Warp PLS 6.0. Hasil analisis pengujian hipotesis membuktikan adanya pengaruh signifikan penerbangan charter terhadap OTP penerbangan berjadwal maskapai Lion Air sebesar 17%. Sementara, 83% OTP penerbangan bejadwal dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords

Penerbangan Charter berjadwal, tidak berjadwal On time perfromance

Article Details