Main Article Content

Abstract




Volume ekspor kerajinan berbahan dasar kulit di Yogyakarta mengalami penurunan dari tahun ke tahun. UD. M Joint Leathercraft adalah termasuk Perusahaan dalam skala kecil menengah di Yogyakarta yang telah mengekspor produk- produknya ke beberapa Negara diantaranya Belanda, Australia, Jepang, dan Canada. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pertumbuhan ekspor produk berbahan dasar kulit sapi khususnya di UD Mjoint Leathercraft melalui pengiriman Kargo Udara selama 6 tahun dari 2010 samapai 2015.


Metode Penelitian dilakukan di UD Mjoint Leathercraft Yogyakarta dengan menggunakan statik desrkristif kuantitatif selama lima tahun sejak 2001 sampai 2015. Analisis Data Sekunder yang diolah menggunakan perhitungan rata-rata (Mean) dan rata-rata tingkat pertumbuhan Ekspor barang serta uji t untuk mengetahui apakah ada pertumbuhan ekspor dalam lima tahun penelitian ini.


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pertumbuhan yang cukup signifikan pada Kargo Ekspor Udara M Joint selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2015. Tingkat Pertumbuhan Ekspor udara M Joint meningkat sebanyak 12% selama tahun 2010 sampai 2015. Secara keseluruhan terdapat peningkatan ekspor untuk produk berbahan dasar kulit di Yogyakarta khususnya UD Mjoint Leathercraft yang disebabkan oleh kualitas produk yang bagus, harga yang kompetitif dan daya beli Masyarakat Luar Negeri yang masih cukup tinggi.




Keywords

Ekspor, Industri Kecil Menengah, Kerajinan Kulit

Article Details