Main Article Content

Abstract

Setiap organisasi selalu berusaha untuk mencapai tujuannya, sehingga, mereka harus berkonsentrasi pada beberapa aspek. Salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM) organisasi yang dipandang sebagai sumber penting. Organisasi diharapkan untuk selalu menjaga tenaga kerja yang terlatih dengan baik dan efektif [1]. Apalagi
organisasi yang bergerak di bidang jasa, menjaga kinerja karyawan merupakan salah satu cara untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh kepuasan kerja karyawan PT. Angkasa Pura I (Persero) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Bandara Internasional Juanda Surabaya.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua veriabel yaitu kepuasan kerja untuk responden karyawanPT. Angkasa Pura I (Persero) dan kepuasan pengguna jasa di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Data penelitian ini dianalisis denganmenggunakan analisis koefisien regresi
dan korelasi menggunakan program SPSS ver 15.0.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana menunjukkan nilai konstanta sebesar 40,335, koefisien regresi variabel kepuasan kerja sebesar 0,159 (positif). Hasil uji F adalah nilaisignifikan F < 0,1 dari uji anova atau uji F sebesar 3,082 dengan nilai signifikansi 0,085. Berdasarkan tabel summary nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,055 atau 5,5 %. Sisanya 94,5% merupakan variabel lainyang tidak diteliti. Hasil analisis regresi linear sederhana juga menunjukkanbahwa nilai signifikansi F : 0, 085 lebih kecil dari tingkat signifikan (α) 0,1 maaka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh signifikan antara variabel kepuasan kerja karyawan PT. Angkasa Pura I (Persero) terhadap kepuasan pengguna jasa bandara Internasional Juanda Surabaya.

Keywords

Kepuasan Kerja Kepuasan Pengguna Jasa Reggression andCorrelation Analisys

Article Details