Main Article Content

Abstract

Persaingan di dunia penerbangan menuntut perusahaan penerbangan agar beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan melalui pengelolaan perusahaan. Manajer dan lainnya seharusnya mengerti bahwa keberhasilan dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas harus melibatkan karyawan karena karyawan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan atau membantu meningkatkan suatu perusahaan. Pemberdayaan dan pengelolaan karyawan melalui kondisi lingkungan kerja yang kondusif, komunikasi yang baik, imbalan kerja yang sesuai serta sikap dan perilaku atasan yang harus adil terhadap para karyawan yang akan mempengaruhi kepuasan karyawan. Karyawan akan memiliki komitmen organisasi yang tinggi ketika merasa puas dengan pekerjaan, supervise, gaji, promosi dan
rekan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasional pegawai di operasional PT. Cakrawala Airport Services Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua variabel yaitu kepuasan kerja dan komitmen organisasional pegawai pada PT. Cakrawala Airport Services Bandar Udara Adi Soemarmo Solo. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis koefisien korelasi (correlation analysis) dengan menggunakan Program SPSS Release 15.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasional dengan besar nilai korelasi 0,649>0,50 berarti bahwa koefisien kerja berkorelasi kuat dengan komitmen organisasional. Hasil analisis juga menunjukkan H0 di tolak dan Ha diterima yaitu bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasional pegawai pada PT Cakrawala Airport Services Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo tahun 2016 dengan angka probabilitas atau signifikansi kedua variabel sebesar 0,000 < tingkat signifikansi (α) 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa arah korelasi adalah positif, artinya semakin tinggi kepuasan kerja karyawan maka komitmen organisasional karyawan cenderung semakin besar, begitu juga sebaliknya.

Keywords

Kepuasan Kerja Komitmen Organisasional Correlation Analysis

Article Details