Main Article Content

Abstract

Dinas pelayanan bandara PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang adalah perusahaaan yang memberikan jasa pelayanan kebandarudaraan kepada pengguna jasa bandara. Dinas pelayanan bandara mempunyai fungsi memberikan pelayanan terhadap proses pembuatan PAS (tanda ijin masuk) bandara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingk at kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan proses pembuatan PAS (Tanda Izin Masuk) Bandara di Bandar Udara Internasional Ahmad YaniSemarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan
penyebaran kuesioner. Penyebaran kuesioner diberikan kepada 100 responden penelitian yang terdiri dari pegawai airlines, para pegawai On The Job Training (OJT), mahasiswa PKL, mahasiswa magang yang ada di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Dari 100 redsponden yang telah diperiksa hanya 60 responden yang menjawab lengkap. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan program Microsoft Excel
2007 yaitu menggunakan rumus perhitungan uji t rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna jasa merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh Pegawai Angkasa Pura I. Jumlah perhitungan rata-rata dari 12 pertanyaan pada kuesioner mendapatkan nilai rata-rata 2,907 dan variansnya 1,945. Hasil uji t tabel menunjukkan bahwa t0 diperoleh hasil sebesar 2,589. Karena 2,589> 1,80(t tabel), yang artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan proses pembuatan pas bandara (tanda izin masuk) memuaskan.

Keywords

Peningkatan Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan jasa kebandarudaraan Uji t rata-rata

Article Details